Sunday, November 6, 2016

Tipe-tipe Siswa Saat Menghadapi Ulangan Fisika Berdasarkan Karakter Game of Thrones


Salam, Pembaca Blog yang setia!

Banyak orang bilang, Fisika itu susah.

Dan hampir semua murid saya juga bilang bahwa Fisika itu susah.

Dengan banyaknya rumus dan juga teori yang harus dipahami, siswa cenderung takut berhadapan dengan pelajaran Fisika. Sehingga banyak yang berkata bahwa,

"Lebih baik ilmu Fisika dihapuskan saja!"

Oh tidak bisaaa...

...nanti saya kehilangan ladang untuk bekerja.

Hehehe.

Hehe.

He.

Sebenarnya jika siswa paham apa saja penerapan konsep-konsep Fisika yang kontekstual atau dapat dilihat dari kejadian sehari-hari, maka siswa bisa suka loh. Kebanyakan guru Fisika memang nggak mau put more effort untuk membelajarkan Fisika secara sederhana. Hanya teori-teori saja. Rumus-rumus saja. Bahkan waktu saya praktik kerja lapangan, saya mengetahui bahwa sekolah tempat saya mengajar, laboratoriumnya indah sekali, alat-alat praktikumnya lengkap, emejing, dan masih kinclong, alias... TIDAK PERNAH DIGUNAKAN.

Padahal Fisika adalah pelajaran yang membutuhkan contoh visual yang nyata. Kalau hanya membaca buku dan diajarkan secara klasikal saja, tentu tidak menarik. Siswa harus diajak eksperimen dan melihat kejadian nyata sebagai aplikasi ilmu Fisika yang dipelajarinya.

Analoginya begini:

Saya mau mengajarkan Hukum Gravitasi Newton. Semua berawal dari percepatan gravitasi yang menyebabkan benda selalu jatuh ke tanah.

Jika hanya diajarkan sebatas teori dan rumus saja, siswa akan bertanya demikian,

"Buat apa oe ngitung kecepatan apel jatuh? Kenapa nggak langsung dipungut dan dimakan aja?"

Maka dari itu, guru perlu memperlihatkan bahwa pengaruh gravitasi bukan hanya apel jatuh saja. Kita bisa berdiri, berjalan, berlari, naik kendaraan di bumi, juga karena adanya gravitasi. Kalau nggak ada gravitasi, dijamin tubuh kita melayang-layang setiap hari. Makan, minum, tidur, pup, semua dilakukan sambil melayang. Kalian mau?

Nah, dari situ siswa akan menyadari bahwa konsep gravitasi itu penting.

Hal tersebut akan menjadi pelatuk yang membawa pada konsep gravitasi lebih luas lagi, yaitu pada gaya gravitasi antar benda langit. Yang nantinya akan bisa mematahkan konsep yang baru-baru ini terkenal dengan sepuluh seri videonya di Youtube yaitu... teori bahwa bumi itu datar!

MUAHAHAHAHA!

Baiklah.

Terlepas dari semua paparan di atas, saya mengamati bahwa setiap akan mengadakan ulangan, entah ulangan harian, pre-test, post-test, ulangan tengah semester, ulangan akhir semester, Fisika masih menjadi momok nomor satu diantara semua mata pelajaran lainnya.

Setiap akan menghadapi ulangan Fisika, semua siswa akan memberikan respon yang berbeda-beda. Sehingga kelas seperti menjadi kancah perang untuk beberapa waktu ke depan.

Karena saya penggemar serial Game of Thrones, serial perang-perang antar kerajaan itu, maka saya ingin mencoba memberikan analogi "Tipe-tipe Siswa Saat Menghadapi Ulangan Fisika Berdasarkan Karakter Game of Thrones".


1. TIPE GLADIATOR

Karakter di Game of Thrones: Theon Greyjoy


Tipe gladiator adalah tipe siswa yang bisa menggunakan berbagai macam cara untuk survive saat ulangan Fisika, seperti Theon Greyjoy yang menghalalkan segala cara untuk menang perang. Siswa tipe ini memiliki berbagai skill peperangan yang sangat banyak seperti "membawa contekan sendiri", "mencontek teman", dan "melihat kunci jawaban di meja guru saat gurunya sedang ijin keluar kelas". Semua strateginya bisa dilancarkan dengan seksama dalam tempo yang sesingkat-singkatnya.

Saya pernah memiliki pengalaman lucu saat memberi murid saya ulangan Fisika. Sebut saja murid saya Marwanto (karena kalau Mawar biasanya untuk cewek). Kala itu Marwanto ingin mencontek temannya. Materi yang sedang saya ujikan adalah "Gaya dan Hukum Newton".

Teman Marwanto, sebut saja Tejo, sudah menyiapkan manuver contekan di beberapa lembar kertas minyak kecil bekas beli nasi bungkus di kantin. Rumus-rumus Fisika telah ia salin sedemikian rapinya sehingga siap digunakan untuk amunisi ulangan. Nah, saat Marwanto ini meminta contekan pada Tejo, Marwanto melancarkan aksinya dengan bersiul-siul, sebagai tanda bahwa ia sedang butuh bala bantuan. Namun sepuluh menit bersiul, Tejo tak kunjung menoleh. Mungkin Tejo memiliki masalah dengan pendengarannya.

Akhirnya Marwanto mulai tidak sabar. Ia menendang-nendang kaki bangku Tejo.

Dua tendangan, masih geming.

Empat tendangan, masih geming juga. 

Kemudian pada tendangan kelima, Marwanto sepertinya sudah terlampau emosi, sehingga ia mengeluarkan manuver terakhirnya dengan sangat kuat.

BRAKKK!!!

Entah karena memang bangkunya yang sudah reot, atau tendangan Marwanto yang terlalu kencang, kursi yang diduduki Tejo patah dan membuatnya jatuh ke lantai. Tentu saja hal ini membuat riuh seisi kelas yang kemudian tertawa keras melihat Tejo jatuh dari bangkunya. Semua amunisi mencontek Tejo akhirnya ketahuan. Tejo lalu bangkit dengan ekspresi malu pada teman-teman yang lain dan marah pada Marwanto.

Dari sini dapat ditarik kesimpulan bahwa Marwanto adalah tipe gladiator yang kurang cerdas. Seharusnya sebelum maju untuk berperang, ia memilih sekutu yang telinganya bersih dan lebar, serta memiliki kuda perang yang tidak pincang, sehingga saat dimintai bantuan akan langsung datang, bukan langsung tumbang.

2. TIPE PASRAH

Karakter di Game of Thrones: Sansa Stark


Tipe yang kedua adalah tipe pasrah. Siswa dengan tipe ini biasanya hanya menatap kosong ke depan kelas saat diumumkan akan ada ulangan harian Fisika. Sama seperti Sansa Stark yang hanya bisa meratapi nasib saat akan dinikahkan dengan Tyrion Lannister.

Siswa dengan tipe ini biasanya sudah mengikrarkan diri sebelum ulangan, bahwa ia pasti akan ikut ujian remidi. Jadi untuk apa bersusah-susah belajar. Toh nanti akhirnya sama saja, remidi juga. Siswa tipe ini harapan hidupnya kecil sekali karena skill bertahannya di medan perang sangat rendah.

Saya juga pernah memiliki siswa yang saat ulangan Fisika, kertasnya masih putih suci tanpa dosa. Hanya ada nama dan nomor absen disematkan di pokok kanan atas. Malah kadang bagian kertas yang tengah digambari pegunungan atau karakter manga (dikira lagi pelajaran seni rupa kali ya).

3. TIPE RELIGIUS

Karakter di Game of Thrones: Olenna Tyrell


Tipe siswa yang ketiga ini mirip sekali dengan karakter Olenna Tyrell, nenek Margaery Tyrell yang super religius. Kelihatan kan, dari bajunya bahwa Olenna adalah satu-satunya karakter Game of Thrones yang menjunjung tinggi jilbab syar'i. Diantara sekian banyak adegan 18+ yang ditunjukkan tokoh lain, Olenna selalu menjaga auratnya agar tetap tertutup rapat loh, guys. Religius banget kan?

Siswa tipe religius ini juga sering sekali saya temui di kelas saat ulangan Fisika. Mereka akan berdoa dengan khusyuk dan lamaaa banget sebelum saya membagikan kertas dan soal ulangan. Nggak tahu deh doa-doa yang dirapal apa aja. Yang penting nggak sampai bakar dupa di kelas saya, menurut saya masih wajar.

Saya bahkan masih ingat saat tahun lalu PKL di Sekolah Menengah Atas Negeri (negeri loh bray), ada siswa yang bercakap-cakap demikian sebelum ulangan Fisika dilaksanakan:
A: nanti siapin koran aja biar mbaknya asik baca. 
B: jangan, cewek mah dikasih majalah Trubus aja. 
C: jangan, kasih katalog Shoppie Martin aja. Gue punya di loker. 
D: dih, cupu banget pake cara begituan. Sini gue kencingin aja mejanya biar dia ngantuk trus tidur! Kalian tinggal merapal mantra begini "was wos wes was wos wes, tidurlah jangan bangun lagi!".
Alhasil setelah itu, setiap saya akan memberi ulangan Fisika, saya selalu melakukan quick check di meja dan bangku saya. Kalau bau pesing, ulangan akan saya pindah ke aula. Daripada saya nggak bangun lagi karena habis dimantra...

4. TIPE OPTIMIS

Karakter di Game of Thrones: John Snow


John Snow adalah karakter favorit saya di Game of Thrones. Selain ganteng, doi juga memiliki sifat selalu optimis dengan apa yang akan dihadapinya. Apalagi saat perang. John Snow merupakan karakter yang selalu yakin dengan keputusan dan langkahnya sekalipun keadaan sedang genting.

Siswa dengan tipe ini saat ulangan Fisika juga ada. Ia percaya diri duduk di bangkunya. Menanti soal dibagi. Bersiap dengan properti pensil, pulpen, dan penggarisnya. Benar-benar optimis deh. Saat sudah menerima soal, tangannya mulai bergerak lincah di atas kertas. Menulis apa saja yang menjadi permintaan soal. Biasanya siswa tipe ini memang sudah siap dari jauh hari sebelumnya baik secara raga dan mental.

Siswa tipe keempat ini biasanya selesai lebih cepat dari teman-temannya. #ThugLife bener deh pokoknya. Ia akan maju dengan mantap untuk mengumpulkan hasil pekerjaan ulangannya. Dan setelah saya cek. Ternyata setiap soal isinya...

Diketahui: sekian sekian

Ditanyakan: sekian ?

Dijawab:

............................................ (kosong)

Ya benar kalau begitu. Siswa ini optimis dan siap...



...untuk walk out.

5. TIPE PENJILAT

Karakter di Game of Thrones: Cersei Lannister


Sebagai guru yang masih newbie, murid-murid saya selalu mengira bahwa saya adalah tipe yang gampang dijilat (dikiranya saya oreo apa ya?). Sehingga tipe ini mirip sekali dengan karakter Cersei Lannister yang licik dan memang penjilat. Cersei tidak segan menggunakan kepintaran dan kecantikannya untuk mendapatkan apa yang ia inginkan.

Sama seperti murid-murid saya. Saat saya masuk kelas pada hari dimana ulangan Fisika akan dilakukan, mereka akan berebut merayu:

A: mbak, ulangannya jangan sekarang dong. Saya lagi dapet nih. 
B: bu, diundur saja ulangannya ya? Saya lagi sakit kurap nih. Udah nyebar soalnya. 
C: bu, saya baru putus. Tolong jangan tambahi beban pikiran saya dengan ulangan Fisika... 
D: mbak, jika anda mempersulit hidup manusia lainnya, maka nanti akan dibalas dengan jalan dipersulit oleh Allah SWT. 
E: bu, hukum karma berlaku.

Karma, dengkul nyamuk! Karma darimana? Saya kan juga udah pernah ngalamin yang namanya ulangan Fisika. Empat tahun full malah. Hmm. Dasar yang namanya siswa ya begitu, alasaaan terus.

Jika sudah begitu, saya akan menutupi telinga saya dengan pertahanan berlapis-lapis agar kebal dari rayuan mereka, dan ulangan Fisika akan tetap berjalan sebagaimana mestinya. Yeah!!!

MUAHAHAHAHA.

*tawa jahat*

Nah, berikut di atas adalah ulasan mengenai "Tipe-tipe Siswa Saat Menghadapi Ulangan Fisika Berdasarkan Karakter Game of Thrones".


Kalian dulu atau sekarang, termasuk yang mana? Atau malah punya tipe dan karakter sendiri? Boleh ditambahkan di kolom komentar ya!

Terima kasih sudah membaca.








Image Source:
http://quickmeme.com
http://gameofthrones.wikia.com/wiki/Theon_Greyjoy
http://www.inquisitr.com/2647943
http://got2015.be/olenna-tyrell.html
http://www.mirror.co.uk/tv/tv-news/jon-snow-alive-kit-harington-6517827
http://www.freestepdodge.com/threads/final-fantasy-thread.3963/page-113

31 comments:

  1. TIPE PASRAH! Aku dulu tipe pasrah. Ketika tahu ada ulangan, entah itu pas SMA/Kuliah, memang lebih baik enjoy aja. Santai. Ha ha!

    Eh kalau gak salah film ini diangkat dari video game ya? Makasih, May. Saya terhibur banget bacanya. Bikin ketawa :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Konsisten jadi tipe pasrah ya? X)
      Emang paling aman tipe yang kedua ini, tapi kalau faktor luck nya tinggi, biasanya selamat :v

      Bukan, Aa. Ini dari novel, hehe.

      Delete
    2. Assalamualaikum wrb, KAMI mohon maaf jika postingan ini menyinggung perasaan anda semua tapi saya lillahi ta’ala hanya mau menceritakan pengalaman pribadi saya yang mengubah kehidupan saya menjadi sukses. Perkenalkan terlebih dahulu saya Suci Andini tinggal di SABAH,dulu saya berprofesi sebagai penjahit namun himpitan ekonomi yakni hutang piutang dalam membangun usaha KAMI kian semakin besar tapi saya tidak menyerah dengan keadaan KAMI tetap ikhtiar, pada suatu hari saya membuka buka internet tidak sengaja saya melihat postingan seseorang yang sama seperti keadaan saya tapi beliau sudah berhasil,beliau dibantu oleh AKI TAGALAH. DUKUN Sakti tanpa pikir panjang saya menghubungi beliau, saya diberikan pencerahaan dan solusi, pada awalnya saya ragu ragu tapi saya coba memberanikan diri mengikuti saran beliau,alhamdulillah berjalan lancar dan sekarang saya punya beberapa mini market dan penginapan didaerah DI SABAH ,terimah kasih saya ucapkan pada AKI sebab berkat beliau KAMI bisa seperti ini,mungkin banyak orang yang menyebut KAMI INI mengada-ada tapi KAMI buktikan sendiri,khusus yang serius mau bantuan silahkan hub beliau AKI TAGAH beliau orangnya ramah ini nomor beliau 082-302-563-395 -ini pengalaman pribadi KAMI percaya atau tidak semua tergantung pembaca demi Allah ini nyata sekian dan terima kasih ,Assalamualaikum Wrb....allahuakbar....allahuakbar....allahuakbar.

      Delete
  2. aku nggak ngerti da sama teh may. bisaan bikin perumpamaan teh. :((((

    aku udah lama bgt nggak belajar fisika. tapi aku termasuk tipe pasrah! abis tiap ulangan diremed mulu :((

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe, iseng aja nih Ris dapet ide post begituan karena ngeliat murid murid yg kalau ulangan aneh aneh responnya XD

      ngga apa apa remed, jadi ada yg bisa diceritain skrg XD

      Delete
  3. Fisika dan kimia bikin gw angkat tangan, suka gagal paham ihik ihik

    ReplyDelete
  4. Hmmmm..
    aku tipe campuran sih.

    Awalnya optimis dulu, ngerjain sebisa mungkin.
    Lalu berusaha segala cara biar terisi semua.
    Kalau udah nggak bisa ngapa-ngapain baru deh pasrah aja sama nialinya trus berdoa semoga ibu guru ngehargain setiap huruf yang ditulis di lembar jawaban ada nilainya, jadi nggak anjlok-anjlok banget walaupun salah muahahahha

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener tuh, kalau fisika biasanya ada "diketahu, ditanyakan, dan dijawab" sudah dapat dua poin dari total 5 poin, Ul XD

      Delete
  5. Dulu pas sma gue bego banget sama fisika, mungkin karena teori mulu itu ya. Jarang banget ke lab, kalo pun ke lab ya dikasih soal juga :((

    Wah gue gak ngikutin GoT, tapi kayakbya gue tipe pasrah atau gladiator huahaha

    Btw, mayang gabisa dijilat? Yahhh... :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. ah gurunya ngga sik tuh, padahal fisika kan harusnya eksperimen biar menarik X(

      sini aku ajarin fisika lagi mau, yog? wakaka XD

      Gladiatornya sampe kayak Marwanto nggak? hehe.

      nggak bisa. Yoga jilat Riska aja gih sono :v

      Delete
  6. wah, dulu guru-guru saya pintaer kayak buguru yang ini nggak ya?

    mungkin aku udah pernah ngalamin jadi semua tokoh di film game of throns ini pas waktu ulangan.

    "jika anda mempersulit hidup manusia lainnya, maka nanti akan dibalas dengan jalan dipersulit oleh Allah SWT"
    ngancem guru dengan kalimat ini juga udah pernah, tapi gagal.

    salam kenal ibu Guru :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang gladiator juga pernah, Puti? pasti greget yah XD

      haha, saya juga harus latihan lama dulu nih biar kebal dari ancaman murid murid saya yg selisih umurnya dikit sama saya. soalnya mereka msh berani ngeyel walau digalakin *maap curhat* X(

      salam kenal juga, Puti.
      terima kasih sudah main kesini :)

      Delete
  7. Wah gue yang nomor dua tuh. Apa jangan-jangan ini berarti gue dan Sansa Stark...

    ReplyDelete
  8. wkwkwkw... aku kayaknya tipe religius :)))

    ReplyDelete
  9. Bu... ini type yang baik yang mana ini... aku masuk golongan yang semangat ngerjain sendiri dan optimis dapet nilai tinggi~

    #SiswaTeladan #DiFisikaDoang #PelajaranLainJadiGladiator

    siswanya suruh mampir ke blog saya aja bU guru, ada bagian V-sika buat belajar kok~

    *Ada celah buat promosi*

    ReplyDelete
    Replies
    1. gladiator baik sih, asal cara caranya nggak licik aja. kayak marwanto wkwk XD

      iya, blog bang haw kan ada rubrik V-sika nya. nanti deh saya kasih tugas resume dari artikel situ hehe.

      lama amat nggak online bang :)

      Delete
  10. hahah tipe pasrahnya ngena bangett wlwkwkwk

    ReplyDelete
  11. Gak relate sama GoT. Ya, karena saya belum nonton, sih. :(

    Yakale sampe dikencingin? Siswa macam apa itu?!

    Hm... bukannya di Indonesia sistem belajarnya emang begitu, ya? Apa-apa teori. Jarang banget praktik. :))

    ReplyDelete
  12. banyak sekali ya tipe-tipe nya, yang paling ngeselin ya tipe penjilat itu.. hmm

    ReplyDelete

Gimana rasa Kiwi-nya? Comment ya :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...